Anda di sini

Elektronika

Tutorial Perakitan Robot Mobil Remot Kontrol Android Wifi

Aditya Suranata - 29 Desember 2017 19:18:12 0

Bagi kalian para maniak elektronik dan pengunjung setia TutorKeren.com, pada tulisan ini saya dokumentasikan detail perakitan perangkat keras GovindaRC. GovindaRC yang merupakan mobile robot ber-remote kontrol di desain dengan apik untuk para pemula dan penggiat Arduino dan kawan-kawannya. Maka dari itu, desain perangkat kerasnya sangat sederhana dan keperluan bahan-bahannya mudah dicari di pasaran. Tentunya juga dengan harga yang relatif terjangkau karena kebanyakan menggunakan platform open-source dan umum digunakan.

Mulai dari tahap pertama, yaitu tahap daftar keperluan bahan-bahan untuk membuat robot mobil yang dapat dikendalikan dari smart phone baik Android maupun lainnya melalui antarmuka web.

Daftar Keperluan Bahan GovindaRC

Bahan-bahan yang saya pakai adalah bahan yang paling cocok menurut desainnya, terutama untuk ukuran, kemudahan mencari, harga, kualitas dan tentunya kemudahan dan kecepatan untuk merakit. Berikut adalah daftar kebutuhan yang harus disiapkan.

  1. NodeMCU Original Amica V2 (versi KW bermerek LOLIN dll tidak cocok) x 1
  2. Dual Motor Driver 1A Toshiba TB6612FNG x 1
  3. Sensor PING HC-SR04 (Optional) x 1
  4. LED 5mm White Clear Superbright x 4
  5. PCB 7x5cm Matrix Universal x 1
  6. Mini breadboard 400 Hole with double tape x 1
  7. Dupont Jumper Wire Male Female x 15
  8. Dupont Jumper Wire Male Male x 25
  9. Casis mobile robot siap pakai (DC motor gearbox x 2, free wheel x 1, wadah baterai, saklar, baut, dll) x 1
  10. Baterai AA x 4

Sebagai informasi bahan-bahan tersebut bisa kalian dapatkan sekalian di Toko Narin Jaya, jika tidak ingin repot dan agar bisa lebih murah saya sarankan untuk order di sana saja. Daftar keperluan bahan-bahan juga bisa dilihat pada bagian bawah halaman ini (Produk Terkait). Untuk biaya total habis kira-kira sekitar 543rb. Tapi kalau kalian kreatif dan banyak akal mungkin biayanya bisa ditekan hingga 300rban.

Langkah-Langkah Perakitan

Bagian Casis

Pertama-tama, kita bisa merakit casis siap pakainya terlebih dahulu. Hasilnya adalah seperti berikut, kecuali pada Gambar 1. wadah baterai belum dipasang.

Gambar 1. Casis Siap Pakai

Caranya merakit kalian bisa mengikuti Gambar 2, yang pertama dipasang adalah bagian gearbox. Caranya cukup masukan kait dan baut dengan baut panjang yang telah disediakan. Perhatikan lingkaran merah, terdapat dua baut panjang yang menembus dua kait dari satu sisi ke sisi lainnya dan direkatkan dengan mur.

Gambar 2. Memasang Gearbox

Setelah itu kalian tinggal pasang free wheelnya, atau sering juga disebut caster wheel / roda bebas. Baut dengan spacer dan pastikan kuat agar tidak bergeser. Pasang juga saklar dan wadah baterai atau baterai holder yang turut disertakan. Cara pasangnya cukup di baut saja. Jika kalian beli di Toko Narin Jaya biasanya sudah disertakan wadah baterai dan baut-bautnya lengkap seperti di gambar jadi paling bawah.

Bagian Kepala

Bagian kepala bisa kalian akali dengan bebas, yang terpenting adalah bagian kepala berisi sensor jarak ultrasonic dan lampu led untuk penerangan atau indikator. Cara pasangnya cukup direkatkan ke celah casis menggunakan double tape. Terlihat seperti Gambar 3.

Gambar 3. Bagian Kepala - Sensor Ultrasonic & 4 Lampu LED Super Cerah

Pengkabelan bagian kepala sangat sederhana, pertama untuk lampu led putih super cerah yang jumlahnya 4 biji, cukup disambungkan secara paralel. Kemudian kaki yang negatif (pendek) di colokan ke D0 pada NodeMCU. Dan kaki yang panjang (positif) di colok ke power rail 3.3v dari NodeMCU. Untuk Sensor Ultrasonic, pengkabelannya adalah pin GND masuk ke power rail GND, kemudian VIN ke power rail + langsung dari baterai yang dalam hal ini sebesar 1.5V x 4 = 6V jika menggunakan alkalin, atau 1.2V x 4 = 4.8V jika menggunakan baterai eneloop. Hati-hati, jangan menggunakan baterai AA lebih dari empat biji. Pokoknya tegangan dari baterai harus 4.8 - 6V, kalau lebih resiko ditanggung sendiri, kalau sudah ngerti tidak apa-apa sih bisa disesuaikan lagi sendiri. Kemudian untuk dua pin lainnya dari sensor Ultrasonic, maising-masing pin ECHO masuk ke pin RX pada NodeMCU, dan TRIGGER masuk ke pin TX.

Karena sensor ultrasonicnya mengambil pin RX / TX, maka untuk memprogram ulang pastikan kalian mencabut pin ini terlebih dahulu, karena proses upload firmware akan gagal apabila masih ada kabel yang nyantol ke pin RX / TX. Ini memang agak ruwet ketika memprogram karena harus mencabut kabel ECHO & Trigger dari sensor Ultrasonic, tapi mau bagaimana lagi karena NodeMCU punya jumlah pin yang terbatas. Oke, jelas ya.. kesimpulannya untuk pengkabelan modul kepala adalah sebagai berikut:

4 Led Putih Super Cerah

  • Kaki pendek disambung jadi satu
  • Kaki panjang disambung jadi satu
  • Kaki pendek disambung ke kabel jumper yang ujung satunya lagi male terus colok ke pin D0 NodeMCU
  • Kaki panjang disambung ke kabel jumper yang ujung satunya lagi male terus colok ke power rail 3.3V
  • Ingat, power rail 3.3V maksudnya adalah pada sisi paling pinggir dari breadboard yang labelnya + itu di colok satu ke pin 3.3Vnya si NodeMCU sehingga satu deret memanjang (label Smile lobang di breadboard itu akan teraliri arus 3.3V dari NodeMCU. Begitu juga dengan power rail baterai + (4.8V/6V) asalnya langsung dari + baterai. Kalau GND sama semua, bisa ambil dari baterai langsung atau dari NodeMCU tidak masalah.

Sensor Ultrasonic HC-SR04

  • Kaki GND ke power rail - GND
  • Kaki VIN ke power rail + baterai
  • Kaki ECHO ke pin RX NodeMCU
  • Kaki Trigger ke pin TX NodeMCU
  • Ingat dicabut dulu kabel yang nyambung ke RX / TX saat melakukan flash firmware, kalau tidak uploadnya akan gagal dan NodeMCU tidak terdeteksi di komputer.

Bagian Driver Motor

Bagian driver motor disini menggunakan driver motor Dual Motor Driver 1A Toshiba TB6612FNG, tapi kalian juga bisa menggunakan driver motor berjenis lain seperti misalnya L298N. Tapi untuk jenis lain tidak saya tulis disini karena banyak merubahnya. Bagi pada expert bisa disesuaikan sendiri ya, dan kalau ada yang perlu ditanyakan bisa diskusi dibawah. Oke, untuk Dual Motor Driver 1A Toshiba TB6612FNG cara pengkabelannya adalah sebagai berikut:

  • PIN_PWMA D1
  • PIN_PWMB D2
  • PIN_AIN2 D8
  • PIN_AIN1 D3
  • PIN_BIN2 D4
  • PIN_BIN1 D5
  • PIN_STBY D6
  • PIN_VM + Power rail baterai
  • PIN_VCC + Power rail 3.3V
  • PIN_GND - Power rail GND
  • PIN_A01 Motor A +
  • PIN_A02 Motor A -
  • PIN_B01 Motor B +
  • PIN_B02 Motor B -

Hasilnya terlihat seperti Gambar 4. Tapi karena saya pakai kabel LAN sebagai pengganti Dupont Male-Male jadi kelihatannya agak keriting.

Gambar 4. Pengkabelan Dual Motor Driver 1A Toshiba TB6612FNG

Bagian Casis

Pada bagian casis sisanya adalah wadah baterai, cara pasang tinggal di baut. Kemudian untuk kabel yang keluar dari wadah baterai kan ada dua, satu merah satu hitam atau positif dan negatif, nah itu yang merah kalian potong terus masing-masing ujungnya masuk ke saklar. Terus ujung yang lagi satu colok ke breadboard bagian power rail + baterai, dan kabel yang hitam ke power rail - GND. Sudah deh, selesai.

Untuk baterai saya sarankan pakai baterai cas agar mainnya puas. Bisa pakai eneloop atau yang sejenis. Tapi kalau tidak ada uang bisa pakai baterai alkalin atau baterai kering ABC biasa. Ingat ya, jangan lebih dari empat biji!.

Hasil Akhir

Hasil akhir punya saya terlihat seperti Gambar 5. Masih kurang rapi tentunya karena buatnya buru-buru, tidak sabar untuk dibagi-bagi sama kalian hehehe Biggrin tugas kalian untuk buat yang lebih rapi.

Gambar 5. Hasil Akhir Perakitan dan Pengkabelan

Sampai disini tinggal selangkah lagi untuk bisa digunakan, next step kita akan masuk ke sisi flashing firmware ke robotnya. So stay tune! Emo 76

** Update: Tutorial Pemrograman Robot Mobil Remot Kontrol Android Wifi [Lanjutan 1]

Produk Terkait
Casis Robot Siap Pakai + Speed Encoder Disc

Casis Robot Siap Pakai + Speed Encoder Disc

CMP230317-43

Casis robot beroda siap pakai dari bahan acrilik , sudah dilengkapi dengan wadah batere AAx4, motor DC gearbox dan roda berkualitas tinggi.

295,000 IDR Beli

Mini Breadboard 8.5CM x 5.5CM 400 Holes

Mini Breadboard 8.5CM x 5.5CM 400 Holes

CMP230317-58

Breadboard standar mini 400 lubang yang banyak digunakan pada projek elektronika, dilengkapi dengan double tape pada bagian belakangnya.

29,000 IDR Beli

[Jual][Murah] LED Diode 5mm F5 White Super Bright

[Jual][Murah] LED Diode 5mm F5 White Super Bright

CMP131216-6

Warnanya putih dan merupakan jenis clear LED 5mm/F5 super bright. Karena warna sinarnya putih/netral, LED ini cocok digunakan untuk menyinari sesuatu...

600 IDR Beli

Dual Motor Driver 1A Toshiba TB6612FNG

Dual Motor Driver 1A Toshiba TB6612FNG

CMP230317-51

DC Motor Driver modul H-Bridge super kecil dengan chip driver Toshiba TB6612FNG, cocok untuk digunakan pada robot beroda dan line follower yang...

49,500 IDR Beli

[Jual][Murah] NodeMCU Lua R2 ESP8266 WiFi Board Original...

[Jual][Murah] NodeMCU Lua R2 ESP8266 WiFi Board Original...

CMP131216-2

NodeMCU Lua R2 ESP8266 WiFi Board Original Amica merupakan microcontroller development board yang dilengkapi dengan WiFi banyak digunakan untuk...

95,000 IDR Beli

Sensor Ultrasonic Pengukur Jarak HC-SR04

Sensor Ultrasonic Pengukur Jarak HC-SR04

CMP290117-27

Sensor jarak ultrasonic yang murah meriah, dapat mengukur dari 2Cm sampai 400Cm dengan akurasi hingga 3mm. Cocok untuk mengukur jarak non-kontak.

25,000 IDR Beli

PCB Universal Matrix Board

PCB Universal Matrix Board

CMP230317-45

Papan PCB berlubang siap pakai, papan ini cocok digunakan sebagai pengganti breadboard yang dapat langsung disolder tanpa harus mencetak jalur.

5,000 IDR Beli

2.878
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.