Anda di sini

Pemrograman

[ULASAN] Integrasi Single Board Arduino Dan Smartphone Platform Android

Agus Ady Aryanto - 20 November 2015 23:00:23 0

Smartphone Android dengan fasilitas yang tersedia didalamnya sudah menjadi kebutuhan yang penting dijaman sekarang ini. Namun, kebanyakan orang-orang masih belum dapat memanfaatkannya dengan maksimal. Dengan fasilitas yang dimiliki oleh Smartphone Android seperti sensor cahaya, accelerometer, kompas, touchscreen dan lainnya dapat dijadikan sebagai media untuk melakukan kendali, monitoring dan pengontrol perangkat-perangkat dalam dunia Robotik. Dapat dikatakan barang-barang yang kita pakai sehari-hari hampir 80% itu dihasilkan melalui Teknologi Robotik. Didalam Negara yang maju seperti Amerika, Jepang, Cina dan Jerman mayoritas teknologi robot sudah menjadi hal yang mutlak untuk diperhitungkan.

Bagi para developer yang berkecimpung di dunia robotik saat ini pasti sudah mengenal dengan single-board (papan tunggal) mikrokontroler tangguh bernama Arduino (arduino.cc). Salah satu hal prinsip dalam Arduino itu adalah kebebasan untuk mendevelop hardware sendiri, nyaris sesuai budget dan kebutuhan. Dengan teknologi yang dimiliki oleh si Arduino dan kecanggihan dari Smartphone Android para Developer sering mengintegrasikan kedua teknologi ini. Pada beberapa eksperimen Robotik, Smartphone dengan Platform Android dipakai untuk mengakses hardware lain yang telah ditanam dengan Arduino.

Sekarang dengan hadirnya Amarino Library (amarino-toolkit.net) para Developer dapat bergembira dan terseyum karena pasalnya toolkit Amarino ini memberikan kemudahan untuk mengintegrasikan Arduino dengan Android. Tinggal sekarang bagaimana mengkreasikan ide-ide mengenai robotik khususnya yang menyangkut dengan Platform Android agar menjadi sebuah karya yang beguna. Perlu diketahui bahwa Amarino merupakan Bluetooth library yang dirancang pada semua jenis Platform Android dengan tujuan mempermudah para developer mengakses Arduino. Bila kita memanfaatkan Android dengan modul-modul Arduino didalamnya, maka kita bisa membuat sebuah alat yang luar biasa dengan harga yang cukup murah.

1.369
Image

Agus Ady Aryanto

Profil pujangga Komang Agus Ady Aryanto belum tersedia.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.