Anda di sini

Elektronika

[ULASAN LENGKAP] 10 Pengetahuan Dasar Tentang Raspberry Pi

Aditya Suranata - 13 November 2015 23:38:48 0

Ulasan mengenai single board computer Raspberry Pi, mulai dari pengenalan hingga hal-hal menakjubkan yang bisa Anda buat dengan Raspberry Pi.

1) Apa itu Raspberry Pi ?

Berdasarkan situs resmi dari Raspberry Pi,

Raspberry Pi adalah komputer murah seukuran kartu kredit yang dapat terhubung dengan monitor komputer maupun TV, dan menggunakan mouse dan keyboard standard. Raspberry Pi merupakan perangkat mungil yang memungkinkan orang dengan segala usia untuk mengeksplorasi duni komputer, dan untuk belajar bagaimana caranya membuat program menggunakan bahasa seperti Python dan Scratch.

Sejarah dibalik Raspberry Pi

Raspberry Pi Foundation, perusahaan yang membuat Raspberry Pi (Raspi) didirikan oleh Eben Upton dkk pada tahun 2006. Dikutip dari halaman tentang dari raspberrypi.org, dalam artikel dengan judul "The Making Of Pi" disebutkan ide dibalik dibuatnya komputer super kecil dan terjangkau untuk anak-anak muncul pada tahun 2006, ketika Eben Upton, Rob Mullins, Jack Lang dan Alan Mycroft, dari Laboratorium Komputer Universitas Cambridge's , menjadi khawatir mengenai penurunan level skill komputer dari tahun ke tahun para siswa yang tertarik untuk mempelajari Ilmu Komputer. Mulai dari situasi pada tahun 1990an dimana kebanyakan dari lulusan yang datang untuk wawancara adalah sebagai seorang hobis programer berpengalaman, namun situasi pada tahun 2000an sangat berbeda dari yang sebelumnya, para pelamar mungkin hanya telah mengerti sedikit hal tentang desain web, hanya itu.

Sesuatu telah mengubah cara bagaimana anak-anak berinteraksi dengan komputer. Beberapa masalah telah diketahui: kolonisasi dari kurikulum ICT dengan pelajaran seperti menggunakan Word, Excel, atau menulis halaman web; yang merupakan akhir dari boomingnya dot-com; dan kemunculan dari PC rumahan dan konsul game untuk menggantikan Amigas, BBC Micros, Spectrum ZX dan mesin Commodore 64 yang digunakan oleh generasi sebelumnya untuk belajar memprogram. Parahnya lagi, generasi sekarang mungkin sudah melupakan bagaimana komputer bekerja, mereka lebih asik dengan Smart Phone dan menghabiskan waktu mereka dengan selfie dan hangout di media sosial.

Tidak banyak orang dengan kelompok kecil dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan kurikulum sekolah yang tidak memadai, atau pembengkakan anggaran. Namun menurut founder dari Raspi kelompok kecilnya bersama teman-teman seperjuangan dapat mencoba untuk melakukan sesuatu dengan situasi tersebut dimana komputer telah menjadi sangat mahal dan eksperimen pemrograman sembunyi-sembungi pada komputer mahal tersebut mesti dilarang oleh orang tua (takut rusak); sehingga sulit untuk menemukan platform yang seperti komputer rumahan tua, yang bisa booting ke lingkungan pemrograman. Dari 2006 hingga 2008, Eben dkk mendesain beberapa versi dari apa yang dikenal orang sekarang dengan Raspberry Pi, seperti terlihat pada gambar dibawah:

Generasi perangkat mobile yang terjangkau

Pada tahun 2008, prosesor yang didesain untuk perangkat mobile telah menjadi lebih terjangkau, dan cukup powerful untuk menyediakan pengalaman multimedia yang bagus, fitur yang dirasakan akan membuat Raspi dilirik oleh anak-anak yang pada awalnya mungkin tidak tertarik dengan perangkat yang secara murni berorientasi untuk pemrograman. Eben (sekarang arsitek chip di Broadcom), Rob, Jack dan Alan, bekerjasama dengan Pete Lomas, MD dari pembuatan desain perangkat keras dan perusahaan manufaktur Norcott Technologies, dan Favin Braben, co-author dari BBC Mirco, untuk mendirikan Raspberry Pi Foundation. Tiga tahun kemudian, Raspberry Pi Model B memasuki produksi masal melalui perjanjian manufaktur dengan element14/Premier Farnell dan RS Electronics, dan dalam dua tahun telah terjual lebih dari 2 juta unit.

5.168
Daftar Artikel Terkait
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.