Anda di sini

Elektronika

[Versi Baru] Raspberry Pi Zero Dengan Harga $5 Terjual Laris Manis

Aditya Suranata - 28 November 2015 22:44:52 0

Untuk para pecinta single board computer Raspberry Pi tentu sudah tau kisaran harganya adalah 500-600 ribu rupiah, yang jika dibandingkan dengan komputer desktop biasa, uang segitu cuma dapat casingnya saja, tapi masih juga menganggap Raspberry Pi harganya telalu tinggi untuk ukuran satu set komputer lengkap yang bisa menjalankan Linux ?

Akhirnya, inilah kabar baiknya: Raspberry Pi Foundation telah merilis Raspi Zero, single board computer yang harganya cuma $5 (sekitar 70ribu rupiah). Raspi Zero tidak hanya berupa modul add-on atau sejenisnya, namun Raspi Zero merupakan anggota keluarga lengkap dari Raspberry Pi. Raspi Zero dipersenjatai dengan chipset Broadcom BCM2835 (versi yang sama yang digunakan pada Raspberry Pi 1), dengan spesifikasi clock speed sebesar 1GHz ARM 11 CPU Core, 512MB RAM; slot Micro SD; dua soket micro USB (data dan power); dan soket mini HDMI yang bisa mengeluarkan keluaran super jernih 1080p60. Dan tentunya, yang paling penting, Raspi Zero memiliki pin GPIO sebanyak 40 buah dengan pinout sama dengan Model A+, B+ dan 2B. Mantap bukan ? dan tidak lupa, terdapat pula beberapa header seperti RCA composite video out untuk menghubungkan ke TV.

CPU yang digunakan oleh Raspi Zero, menurut halaman resminya memiliki kecepatan 40 persen lebih cepat ketimbang versi asli Raspi 1 Model A, A+, B dan B+. Susunan dan spesifikasi dari SoC (System on Chip), RAM dan layout GPIO standar pada Raspi Zero berarti memungkinkan kita untuk menjalankan sistem operasi Raspbian secara penuh. Tentunya kompatibel dengan perangkat lunak Raspberry Pi dan proyek proyek berbasis Raspberry Pi yang telah ada.

Hal penting lain mengenai Raspi Zero adalah, seperti yang dapat kita lihat pada gambar, ukurannya super kecil. Raspi Zero memiliki ukuran sebesar 65mm panjang,30mm lebar, dan tinggi 5mm, ukuran tersebut sekitar setengah dari kartu KTP. Raspi Zero kini telah bisa dipesan melalui Element14, The Pi Hut, Pimoroni, Adafruit, dan Micro Center. Uniknya lagi, majalah MagPi yang membendrol dirinya dengan Raspi Zero gratis, berhasil terjual lebih dari 80% hanya dalam waktu 12 Jam, yang dalam sejarah pencapaian penjualan tercepat ini hanya terjadi pada tahun 1970 untuk versi wanita dari majalah Playboy.

Berminatkah untuk memiliki si munyil ini ? Apa proyek impian mu ???

1.930
Image

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di TutorKeren.com kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Artikel Menarik Lainnya
Mari Gabung

Halo Emo 51 , Ada yang ingin disampaikan? Jangan sungkan untuk gabung diskusi ini. Silahkan Login dulu atau Daftar baru.