Anda di sini

2 posts / 0 new
Posting terakhir
#1

Smarthome Raspberry nirkabel


Assallamualaikum. selamat siang mas, mas numpang tanya nih, saya masih awam dalam penggunaan raspberry Pi, jadi mau nanya banyak nih wkwkk (moho dimaklumi) 1. Untuk projek smarthome lebih bagus gunain raspberry PI 2/3 ? 2. Bisa tidak raspberry terkoneksi ke sensor smarthome yang sudah ada d pasaran seperti sensor z-wave dll? 2. Cara koneksiinnya dengan perlekapan sensornya bagaimana? (cara koneksi Raspberry ke sensor nirkabel) 3. Bagaimana proses yang haus dilalui jika ingin membuat smarthome nirkabel yang bisa di akses melalui mobile jarak jauhhh? 4. Apakah perlu gabungan dengan adrduino untuk pembuatan smarthomenya? 5. Bisa tidak perkapan sensor z-wave terkoneksi langsung ke mobile tanpa batuan raspberry pi? bantuan jawabannya mas Smile

Sekilas tentang teknologi smart home


Selamat siang mas Pajar,

Saya coba bantu jawab pertanyaannya:

1. Untuk projek smarthome lebih bagus gunain raspberry PI 2/3 ?

Relatif sih mas, proyeknya ini bagaimana. Tapi yang perlu dipertimbangkan antara menggunakan versi 2/3 adalah versi 3 sedikit lebih cepat dari versi 2 dan versi 3 sudah memiliki adapter nirkabel built-in seperti Wi-Fi dan Bluetooth, jadi akan sangat memudahkan jika proyeknya menggunakan dua metode komunikasi tersebut. Tapi perlu diingat juga, untuk power Raspi 3 sangat boros, itu bisa ngambil power minimal 5V 2.5A, sementara Raspi 2 masih bisa 5V 1A.

2. Bisa tidak raspberry terkoneksi ke sensor smarthome yang sudah ada d pasaran seperti sensor z-wave dll?

Setahu saya untuk vendor Z-Wave bisa mas, mereka punya breakout board yang dipasangkan ke GPIO Raspi sebagai adapter agar Raspi bisa menjadi gateway murah meriah. Namanya kalau tidak salah RaZberry.

2. Cara koneksiinnya dengan perlekapan sensornya bagaimana? (cara koneksi Raspberry ke sensor nirkabel)

Ada banyak metode untuk menghubungkan Raspi ke perangkat lain. Umumnya digunakan metode kabel dan nirkabel. Kabel berarti mengghubungkan melalui media USB, SPI, I2C, 1 Wire, UART. Nirkabel berarti melalui frekuensi radio, baik Wi-Fi, Bluetooth, frekuensi lainnya seperti yang berada pada rentang ISM Band (license free, industrial, scientific and medical (ISM) radio bands). Ini semua tergantung jenis dan spesifikasi dari sensor yang mas mau gunakan.

3. Bagaimana proses yang haus dilalui jika ingin membuat smarthome nirkabel yang bisa di akses melalui mobile jarak jauhhh?

Proses untuk membuat sistem seperti ini pada dasarnya memiliki tiga lapisan. Lapisan pertama adalah lapisan low level yang berisi sensor-sensor, kontroler dan aktuator (Contoh sensor-sensor yang terhubung ke Arduino), kemudian lapisan kedua adalah sebuah gateway yang memiliki kemampuan networking TCP/IP atau bahasa awamnya dapat terhubung ke jaringan LAN (Contoh Raspberry Pi), lapisan ketiga adalah lapisan router atau perangkat jaringan yang dapat menghubungkan gateway ke internet yang dilengkapi dengan IP Publik (Contoh modem DSL).

Sensor Sensor terhubung ke Arduino ------ melalui media kabel / nirkabel (poin no. 2) -------- Raspi sebagai gateway -----melalui jaringan TCP/IP----- Modem/Router-----Internet----- SmartPhone/Tablet/Laptop/Desktop

4. Apakah perlu gabungan dengan adrduino untuk pembuatan smarthomenya?

Kembali lagi ke jenis sensor dan arsitektur sistemnya. Misalnya, jika kita ingin menggunakan banyak sensor, maka sudah tentu kita perlu kontroler (Arduino dkk) yang murah untuk dapat membacanya (set arduino ada yang murah seperti model Arduino Pro), dan menggunakan satu gateway yang mahal (Raspi) sebagai pusatnya. Jadi jika kita punya tiga ruangan, kita gunakan satu arduino pada masing/masing ruangan, dan hanya satu raspi yang ditarung di ruang server sebagai gateway.

5. Bisa tidak perkapan sensor z-wave terkoneksi langsung ke mobile tanpa batuan raspberry pi?

Setahu saya tidak bisa, masing-masing sensor harus terhubung dulu ke gateway/hub, baru kemudian perangkat mobile dapat menghubung ke gateway/hub melalui wifi agar dapat mengontrol masing-masing sensor.

Semoga membantu


HTSL://HIGH THINKING SIMPLE LIVING . ME