Aditya Suranata


Pujangga, Tukang++

Keahlian Aditya


DrupalPythonPHPJavaScriptBerpikir

Aditya Suranata

Aditya suka menulis, bukan hanya sekedar hobi, menulis menjadi medianya untuk mencurahkan pikiran dan perasaan. Di Miarana DIY kebanyakan menyumbang tulisan sesuai dengan minat dan keahliannya yaitu pada kategori pemrograman dan elektronika. Selain itu juga gemar menulis mengenai hal-hal umum, seperti ilmu alam, sosial dan beberapa pengalamannya yang mungkin bisa berguna untuk orang lain.

Aditya menamatkan kuliahnya di STMIK STIKOM Bali jurusan Sistem Komputer, program S1 yang memfokuskan keahlian dalam bidang jaringan komputer, robotika, sistem tertanam, game dan sistem kontrol. Di kampus Aditya bergabung dengan grup riset RADE, bertemu dengan banyak teman yang memiliki minat yang sama. Bersama dengan Komang Ady dan anggota lainnya, Aditya kemudian membuat proyek robot pengintai rumahan yang murah dan tepat guna bernama Govinda Rover.

Govinda Rover dirancang agar dapat dibuat oleh masyarakat luas yang memerlukan teknologi robot bergerak (mobile robot) untuk melakukan pengawasan di area rumah, kantor maupun area indoor lainnya dari jarak jauh melalui Internet. Platform ini dibuat menggunakan teknologi terkini, sistem operasi Linux dengan server khusus terdedikasi untuk mengontrol robot menggunakan Python Tornado, dan antarmuka berbasis web responsive dengan HTML5 dan WebSocket, sehingga memungkinkan Govinda untuk dikendalikan dari berbagai macam perangkat mulai dari komputer desktop hingga ponsel dengan layar sentuh.

Govinda Rover berjalan pada komputer murah seukuran kartu KTP Raspberry Pi, dengan memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak berkode sumber terbuka, Govinda Rover yang memiliki fitur canggih dan pembuatannya yang berbiaya rendah dapat memperkecil gap antara harga dan fitur. Govinda Rover menyertakan program siap pakai dan desain rancangan perangkat keras untuk membuat robot pengawas rumahan.

Aditya juga bekerja sama dengan teman, dosen dan pembimbing dari grup risetnya untuk membangun portal edukasi Miarana DIY yang sebelumnya beralamat di blog.miarana.com. Untuk mempermudah dan meningkatkan pengalaman pengguna, kini Miarana DIY dapat diakses melalui TutorKeren.com. Miarana DIY dibangun untuk tujuan berbagi ilmu dan pengalaman. Sesuai dengan moto "selesai belajar ingatlah mengajar, karena dengan mengajar kamu akan terus belajar".

Di Miarana DIY Aditya aktif menulis berbagai hal mengenai elektronika, pemrograman, dan ilmu lainnya termasuk pengalaman dan pemecahan masalah. Di waktu senggang ia juga sering bermain alat musik gamelan, bermain gitar, turing dan memotret berbagai pemandangan dan suasana, lari di tepi pantai dan meditasi.

 

Statistik

//
162 tulisan
708,488 tampilan
3 produk

Did You Know...

//

Aditya paling takut sama laba-laba yang bisa melompat

Belum Puas ? Mari Kita Saling Bicara


Join Forum Diskusi MiaranaDIY untuk berdiskusi dengan respon cepat mengenai berbagai macam tutorial hingga ulasan yang terdapat di blog ini. Untuk berlangganan artikel terbaru silahkan Like & Follow Facebook Page MiaranaDIY dan Follow Twitter @MiaranaDIY